Minggu, 29 Juni 2014

Tepian Mahakam

Apabila berkunjung ke Samarinda pastilah melewati Tepian Mahakam (Mahakam River Park) yang berada di sebelah kiri Jl.Gajah Mada hingga Jl.Slamet Riyadi dekat Jembatan Mahakam. Taman ini dibuat pada periode 1990-an sebagai pengindah kota. Selain taman untuk masyarakat bersantai ria, Tepian Mahakam juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan sepak bola. Pada malam hari, Tepian Mahakam menjadi arena bermain anak-anak dan pujasera yang menjual berbagai macam makanan.

Taman di Tepian Mahakam


View Sungai Mahakam


Pedestrian
Lapangan Basket di Tepian
Apabila  hari libur dan akhir pekan maka akan banyak masyarakat yang datang berkumpul untuk menikmati keindahan sungai Mahakam. Taman sepanjang Tepian Mahakam Samarinda terus dibenahi dan dipercantik dengan pembangunan berbagai fasilitas publik bangku taman, lampu taman, penerangan umum, pedestrian pejalan kaki dan lain-lain. Di tepian Mahakam ada pula air mancur pada patung Pesut sebagai ucapan selamat datang.
Plaza Monumen Pesut Mahakam Selamat Datang (Sumber : Wikimedia)


Monumen Pesut Dekat Jembatan Mahakam
Saat ini Pemerintah Provinsi dan Kota terus mempercantik fasilitas yang ada sehingga Tepian Mahakam semakin nyaman dikunjungi. Menurut berita yang saya dapatkan Tanaman Anggrek hitam akan menjadi maskot utama yang ditampilkan PT Jatim Park  untuk memperindah dan mempercantik taman bunga di Tepian Mahakam Samarinda. Tanaman anggrek ini menjadi bagian tanaman hias menyusul diresmikannya pembangunan Plaza Tepian Mahakam di depan Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda. Akan ada beberapa situasi di dalam taman Lamin Etam sampai di kantor Gubernur dan posisi taman trotoar yang disebut dengan Flower Park. Di dalamnya ada motif berbagai jenis bunga dan maskot utamanya. Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) ini akan menjadi maskot yang lebih menonjol ketimbang bunga-bunga lainnya.   

Lantas sepanjang jalan trotoar sampai kediaman Gubernur, maskot yang digunakan adalah Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) yang berbentuk lampion dan memiliki fungsi keindahan sehingga suasananya akan berbeda dengan konsep Pesut Mahakam yang sedang beradegan atau sedang tersenyum lucu.
 
Sedang dari ujung Lamin Etam, ada semacam patung binatang-binatang. Tentu yang utama adalah fauna primata Kaltim, yakni Orangutan (Pongo pygmaues) yang besar dan sangat tinggi. Masih ada pula bentuk-bentuk binatang lain yang disebut dengan zona Kaltim Fauna seperti misalnya maskot Macan Dahan.
Sementara  taman di depan Bank Indonesia menggunakan maskot Penyu Derawan. Akan ditampilkan pula perahu yang berbentuk lampu dan bisa dinaiki dan diambil fotonya oleh pengunjung, seolah-olah mereka (pengunjung) menaiki perahu. Di depan Bank Indonesia juga ada zona ikan Mahakam. Berbagai keanekaragaman ikan yang ditampilkan dalam bentuk adegan, seolah-olah keseluruhan konsepnya bernuansa wisata keluarga. Selain itu, juga ada tempat bermain anak-anak yang lucu. Dibentuk dengan hiasan lampu warma-warni yang diharapkan orang tua dan anak bisa berinteraksi, dan keanekaragaman ikan bisa dipakai sebagai metode pembelajaran. Pemprov berencana membuat jalan di atas air selebar 3 meter sepanjang Tepian Mahakam. Jalan tersebut khusus disediakan bagi masyarakat untuk berwisata dan sebagai jalur joging, jalan kaki dan sebagainya.
Lampion Orang Utan (Sumber : Bamwisata)
Selain itu, pedagang rombong yang berjualan juga akan ditata di sepanjang Tepian Mahakam. Akan dibangun semacam gazebo untuk menertibkan pedagang rombong. Mereka akan ditempatkan ditempat yang bersih khusus mengakomodir pedagang rombong berjualan di sana. 

Secara keseluruhan Taman Tepian Mahakam akan dibuat menjadi lebih bagus dan cantik, tidak ada becek, Lampion-lampion akan ditambah dan diberikan bangku-bangku yang bagus agar masyarakat Samarinda dan para wisatawan makin betah bersantai di Tepian Mahakam Samarinda.

Penulis sering sekali melewati Tepian Mahakam dan selalu terkesan akan keindahannya, sungguh pemandangan yang memanjakan mata, fasilitas yang nyaman dipadu dengan pemandangan Sungai Mahakam yang luar biasa, terimakasih ya Allah atas karuniaMu, juga terimakasih kepada Pemprov Kaltim dan Pemkot kota Samarinda atas segala kerja keras dan perhatiannya pada Tepian Mahakam Samarinda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar