Senin, 21 Juli 2014

Makanan Khas Samarinda

Kali ini saya akan membahas makanan khas Samarinda, berupa makanan ringan namun terasa “istimewa” karena rasanya yang memang enak dan unik :)

Cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari dan juga untuk oleh-oleh, Saya berikan daftarnya, silakan di cek, siapa tahu kamu tertarik untuk mencobanya.... 

1.  Amplang
Amplang ini sejenis kerupuk yang berbentuk kotak atau lonjong,  rasanya gurih khas ikan dan renyah berbentuk lonjong pendek atau seperti kuku macan (makanya dinamakan amplang kuku macan) terdiri dari ikan pipih dan tenggiri, buat yang vegetarian ada juga amplang rumput laut, rasanya sama enaknya. Kalau mau beli amplang bisa ke jalan Slamet Riyadi, disana banyak sekali toko-toko penjual amplang dan bisa langsung melihat proses memasaknya.

Amplang Khas Samarinda yang sudah dikemas secara menarik, sumber : shopborneo
Amplang Khas Samarinda, ikan pipih dan tenggiri.
2.  Lempok Durian

Ini adalah jenis makanan favorit saya dan selalu jadi pilihan utama untuk dijadikan oleh-oleh, bentuknya seperti dodol dan terbuat dari buah durian, rasanya gurih khas durian.  Bisa ditemukan di Jl. Slamet Riyadi dan RE Martadinata. Bentuknya ada yang segiempat dan lonjong.

Lempok Durian, Sumber : wisata-saya.
 3.   Gula Gait
Pernah coba yang ini? Makanan khas Samarinda yang terbuat dari Gulan Aren dan Gula putih semacam karamel dan dibentuk menyerupai kayu.  Manisnya legit dan sangat terasa, permen ini bisa kamu dapatkan di Toko Pusat Oleh-Oleh Samarinda dan Khas Kalimantan Timur East Kalimantan Center di Jl. Antasari no. 1 Samarinda.

Gula Gait, Sumber : eastkalimantan
4.  Keminting

Makanan khas samarinda ini adalah sejenis kue kering yang bentuknya unik dan imut seperti buah kemiri, rasanya pun manis, makanya disebut Keminting. Dibuat dari bahan dasar tepung terigu,  agak keras bila digigit dan menimbulkan bunyi yang cukup keras, walaupun demikian tetap renyah dimakan. Kue ini bisa ditemukan di penjual amplang di jalan Slamet Riyadi atau di toko Makhada di jalan RE Martadinata.
Kue Keminting, Sumber : nurulnuswantari
5.  Roti Durian Panglima
Roti ini bahan dasarnya berupa durian, Dengan menyajikan durian asli di antara irisan roti, produk ini banyak disuka oleh penggemar durian. Tagline-nya pun cukup menggoda, Lembut Rotinya, Nendang Duriannya. Roti Durian tersedia dalam 2 asa yakni rasa Original dan rasa Keju. Saat ini roti durian sedang populer, lihat saja di sepanjang jalan menuju Jembatan Mahakam banyak penjual roti durian. Untuk datang dan membeli langsung bisa ke Outlet Pusat Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur East Kalimantan Center di Jalan P. Antasari no.1 Samarinda.

Roti Durian Panglima, Sumber : eastkalimantan
6.  Bolu Gulung Durian
Bolu Gulung Durian memiliki tekstur roti yang lembut, sangat lembut hingga terasa nikmat dimulai dari gigitan pertama. Selai durian dari buah durian asli merupakan ciri khas produk terbaru ini yang terhampar di lapisan tengah bolu gulung. Kelebihan Bolu Gulung Durian dibandingkan dengan Roti Durian Panglima yakni daya tahan produk yang mencapai 3-5 hari. Cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Samarinda.  Untuk datang dan membeli langsung bisa Outlet Pusat Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur East Kalimantan Center di Jalan P. Antasari no.1 Samarinda.

Bolu Gulung Durian, Sumber : eastkalimantan
Selain itu ada pula Choco Borneo (coklat dengan isi lempok durian ataupun kacang didalamnya) serta roti batu bara (bentuknya menyerupai batu bara), keduanya bisa dibeli di Outlet Pusat Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur East Kalimantan Center di Jalan P. Antasari no.1 Samarinda

Choco Borneo (kanan isi lempok durian, kiri isi kacang), Sumber : eastborneo
roti batu bara, Sumber : eastborneo
Nah, bagaimana? tertarik untuk mencoba....?  enak-enak semuanya jadi, mari kita lestarikan makanan-makanan ini sebagai wisata kuliner dan destinasi berbelanja di Samarinda.

 **** Wisata Kuliner Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar