Sabtu, 28 Juni 2014

Telaga Permai Batu Besaung

Selain Air Terjun Tanah Merah, Samarinda juga memiliki wisata air terjun lainnya yang  juga indah dan menarik untuk dikunjungi. Telaga Permai Batu Besaung (TPBB) merupakan objek wisata yangmenawarkan pesona wisata alam Kalimantan. Dengan kawasan hijau yang ditumbuhi oleh banyak pohon hijau. Di tempat ini pula terdapat sungai kecil yang alirannya melewati kawasan TPBB. Karena perbedaan ketinggian permukaan tanah di TPBB, maka beberapa aliran yang dilewati oleh sungai kecil tersebut ada yang membentuk air terjun. TPBB hanya berjarak 15 km dari pusat kota Samarinda. Lokasi tersebut memberikan akses yang mudah bagi para pengunjung. Terutama bagi pengunjung yang berasal dari sekitar wilayah kota Samarinda. Karena tersedia transportasi umum yang bisa mengantarkan pengunjung menuju ke lokasi TPBB. Tentu saja pengunjung juga bisa datang ke TPBB dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan.

TPBB mempunyai beberapa air terjun. Air terjun tersebut tersebar di beberapa titik yang ada di wilayah TPBB. Semua air terjun yang dimiliki oleh TPBB mempunyai ketinggian yang rendah, tapi tetap menawarkan keindahaannya tersendiri yang bisa menambah daya tarik agar pengunjung mau datang ke TPBB. Karena ukuran air terjun yang tidak terlalu tinggi, maka telaga yang terbentuk dibawahnya juga tidak dalam. Dalam telaga air terjun tersebut tidak sampai setinggi lutut orang dewasa. Jadi telaganya hanya bisa untuk berendam, tidak untuk berenang. Tepat dibawah air terjun ini terdapat genangan air yang membentuk telaga. Pengunjung yang datang ke TPBB seringkali menyempatkan diri di telaga air yang berada dibawah air terjun. Berendam dan bermain air di telaga air terjun bisa terasa menyenangkan. Keberadaan telaga yang tersebar di beberapa titik mungkin adalah alasan kenapa objek wisata alam ini diberi nama sebagai Telaga Permai Batu Besaung. Karena benturan terus-menerus dari air terjun pada permukaan tanah dibawahnya menyebabkan terbentuknya telaga yang menjadi salah satu daya tarik TPBB.


Air Terjun Batu Besaung
Telaga pada umumnya mempunyai kedalaman yang dangkal. Begitu dangkal hingga sinar matahari dapat dengan mudah menembus hingga ke dasar telaga. Hanya saja karena telaga di TPBB terbentuk akibat gerusan air terjun, sepertinya sinar matahari agak sulit untuk menembus dasar telaga meskipun kedalamannya dangkal. Karena air terjun tersebut dapat membuat pasir di dasar telaga menjadi berhamburan. Oleh karena itu airnya tidak sejernih telaga lain yang bukan terbentuk karena gerusan air terjun. Oleh karena keindahan alam lingkungannya yang dipenuhi dengan pepohonan hijau, maka TPBB menjadi tempat yang tepat untuk kegiatan berkemah. Kegiatan rekreasi luar ruangan ini umumnya dilakukan dari untuk menjauh sebentar dari keramaian kota. TPBB dapat menyediakan suasana tenang seperti itu. Dengan kawasan yang dikelilingi oleh hutan, TPBB dapat menciptakan lingkungan nyaman jauh dari keramaian. Pihak pengelola memang menyediakan kawasan TPBB sebagai tempat berkemah bagi mereka yang ingin melakukan aktifitas tersebut.

Suara alami yang dihasilkan oleh riak air yang mengalir melalui sungai kecil di TPBB dapat memberikan ketenangan pada pikiran. Ada beberapa terapi yang sengaja menggunakan stimulasi berupa suara air mengalir untuk menenangkan pikiran. Suara aliran air yang tenang dapat membuat otak melakukan sinkronisasi agar sesuai dengan tempo aliran sungai. Jadi gelombang pikiran yang tadinya cepat bisa menjadi lebih tenang mengikuti tempo aliran sungai. TPBB bisa menghadirkan suasana tenang tersebut lengkap secara alami dengan suara aliran sungainya, bukannya berupa simulasi semata. Karena lokasinya yang berada ditengah kota, maka fasilitas jalanan menuju ke TPBB terlihat mulus. Jalanan ini sudah menunjukkan keindahan alamnya. Terutama jalanan yang sudah dekat dengan lokasi TPBB. Dimana pada sisi jalan tersebut bisa ditemui tambak ikan dan peternakan ayam. Selain itu di sepanjang jalan ini juga terdapat beberapa bangunan vila ditambah satu rumah kapal. Bangunan tersebut berdiri dikelilingi oleh hijaunya pesona alam hutan Kalimantan.

Selama mata memandang hanya luasnya hamparan hijau pepohonan dan gemericik air menandakan kekuasaan Allah SWT yang membuat kita akan terus bersyukur akan kekayaan alam Samarinda yang sangat potensial apabila dapat dikembangkan terus dengan baik.

**** Wisata Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar