Sabtu, 28 Juni 2014

Air Terjun Tanah Merah

Bagi yang suka dengan wisata air beserta rimbunan pepohonan mungkin Air Terjun Tanah Merah bisa dijadikan salah satu destinasi wisata yang tepat. Wisata Air terjun Tanah Merah Samarinda - Merupakan air terjun yang terletak sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda, lebih tepatnya terletak di dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara. Air terjun Tanah Merah ini memiliki  ketinggian sekitar 15 meter. Air putih yang mengalir dibalik batu-batuanan besar dan begitu air jatuh ke telaga di bawahnya terlihat warna sebenarnya yang tidak jernih. Warna keruh ini disebabkan oleh komposisi tanah yang notabene gambut diatas lahan hutan yang bercampur dengan air dan menyebabkan air menjadi keruh. Kalau anda ingin berenang di sini boleh-boleh saja asal tetap di bibir air dan jangan terlalu dekat dengan air terjunnya karena bebatuan yang ada cukup licin.

Sumber : http://disbudparkom.samarindakota.go.id


Untuk mencapai obyek wisata Air terjun Tanah Merah, anda dapat menempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri Sungai Siring yang melewati tempat wisata ini. Akan tetapi akses jalan menuju lokasi air terjun tanah Merah ini belum sepenuhnya diaspal. Sekitar satu kilometer akses jalan masih berbatu sehingga dapat mengganggu kenyamanan para pengguna jalan, mungkin kalau Anda adalah seorang pecinta alam ini akan menjadi tantangan tersendiri :) 

Tempat ini adalah pilihan yang tepat bagi wisatawan keluarga karena dilengkapi pendopo untuk anda beristirahat, yaitu tempat berteduh dengan pohon di sekitar lokasi wisata, warung makan, tempat area parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian. Silakan pilih temapt yang dirasa nyaman dan pilih tempat yang bersih karena memang ada beberapa bagian yang nampak kurang terawat sehingga terkesan kotor.  Untuk budget pada destinasi ini cukup murah Tiket masuk untuk orang dewasa Rp 4.000, anak-anak Rp 2.000, sedangkan parkir untuk motor Rp 1.000 dan roda empat Rp 2.000. Dahulu sewaktu penulis kecil, tempat liburan masih relatif sedikit. Sehingga pada akhir pekan Air Terjun Tanah Merah adalah pilihan untuk wisata, penulis menikmati masa-masa melewati jembatan gantung dan bermain ayunan sambil menikmati suara gemericik air. Sungguh indah.
Semoga pihak terkait dapat lebih memperhatikan segala fasilitas yang ada sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk datang dan betah berlama-lama bersama keluarga disana.


**** Wisata Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar