Sabtu, 28 Juni 2014

Nasi Kuning - Wisata Kuliner di Samarinda

Selama penulis tinggal di Samarinda, penulis memiliki banyak tempat favorit untuk memanjakan selera, beraneka ragam kuliner tradisional dan modern telah penulis coba. Oleh karena itu pada tulisan ini, penulis akan memberikan informasi tempat-tempat kuliner yang direkomendasikan untuk dicoba oleh para pecinta kuliner ataupun para wisatawan yang datang ke kota Samarinda.

Kuliner pertama yang akan penulis bahas adalah : Nasi Kuning, tentu saja nasi yang berwarna kuning. Di Samarinda, Nasi Kuning hampir dapat ditemui di setiap tempat dan waktu. Di sinilah letak keunikannya, jika di daerah lain nasi kuning biasanya hanya dapat di temui pada pagi hari saat jam sarapan pagi, di kota Samarinda nasi kuning dapat di temui mulai dari pagi hingga dini hari.  Jadi jangan heran jika anda mendapati  penjual nasi kuning yang masih berjualan meski sudah larut malam.

Bahkan pemerintah kota Samarinda cukup jeli melihat peluang wisata kuliner ini dengan menjadikan sepanjang Jalan Lambung Mangkurat sebagai kampung nasi kuning dengan harapan daerah tersebut dapat menjadi destinasi wisata kuliner bagi para warga Samarinda maupun warga yang berkunjung ke kota Samarinda.
Kampung Nasi Kuning
Keunikan lain yang terdapat pada nasi kuning di kota Samarinda adalah penggunaan lauknya. Jika di daerah lain mayoritas nasi kuning menggunakan lauk ayam dan telur, di Samarinda yang paling terkenal adalah lauk ikan haruan atau ikan gabus.  Ikan haruan/gabus ini biasanya di masak merah. Orang yang berkunjung ke kota Samarinda belum di katakan makan nasi kuning kota Samarinda jika belum makan nasi kuning dengan lauk ikan haruan ini. Lauk ikan haruan ini bisanya di sajikan bersama suhun dan sambal goreng tempe. Bagi yang tidak bisa makan ikan sungai atau ikan haruan, bisa memilih lauk alternatif seperti ayam, telur, dan ampela atau hati ayam. Untuk harganya sangat bervariasi mulai dari Rp.6000 hingga Rp.18.000 tergantung lauk yang diinginkan per porsinya.

Kalau pada pagi hari, bisa membeli nasi kuning di sepanjang jalan di kota Samarinda, namun penulis merekomendasikan, nasi kuning di samping Bank Kaltim, karena rasanya gurih dan pembungkusnya terbuat dari daun pisang, lauknya pun beraneka ragam. Kalau malam, bisa jalan-jalan ke daerah Lambung Mangkurat, penjual nasi kuning banyak berjejer, tinggal pilih sendiri mau mampir di warung nasi kuning mana, karena semuanya memang enak dan tentu saja halal.

**** Wisata Kuliner Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar