Sabtu, 28 Juni 2014

Mal-Mal yang ada di Samarinda

Nah, kalau pada postingan sebelumnya penulis membahas tentang wisata alam dan wisata budaya, sekarang penulis akan bercerita tentang wisata belanja yang ada di Samarinda.

Samarinda sebagai ibukota Kalimantan Timur juga sebagai daerah persinggahan masyarakat dari daerah lain. Maka Samarinda pun selayaknya ibukota dan kota-kota besar lainnya juga memiliki mal-mal megah nan menjulang baik yang sudah jadi maupun masih dalam tahap pembuatan.

Baik, mari kita telusuri satu per satu :

Mall pertama, adalah Mall Mesra Indah yang merupakan pusat perbelanjaan yang pertama berdiri di Kota Samarinda dan  terletak di Jalan K.H. Khalid yang merupakan daerah tersibuk di Samarinda dan dekat dengan Pasar Pagi. Mal ini dimiliki oleh pengusaha lokal dengan perusahaan yang bernaung di bawah Grup Mesra.


Sumber : Wikimapia
Kelebihan : Mall ini dekat dengan Pasar Pagi, jadi barang-barang yang dijual di mall ini lebih murah atau setara dengan barang yang ada di Pasar Pagi, Mall Mesra Indah memang dikonsep untuk kalangan konsumen menengah. Mall ini memiliki 3 lantai dengan beberapa tenant seperti Hero/Giant Supermarket, Es Teler 77, Texas Fried Chicken, Toko Buku Mesra Media, Optik Melawai, dan sebagainya.


Kekurangan : Mall ini berada di jalur lalu lintas yang cukup padat, sehingga apabila ingin datang maka harus betah terhadap macet dan menngantri masuk kedalam mall nya. Jalur akses parkir juga hanya satu pintu masuk sekaligus keluar sehingga para pengunjung yang ingin memarkirkan kendaraan harus jauh lebih hati-hati. Walaupun demikian pihak pengelola sudah mengupayakan perluasan tempat parkir yang  memadai.

Mall kedua, adalah Mall Lembuswana yang terletak di pusat kota Samarinda JL. S.Parman, dibangun sekitar tahun 1998. Mall ini merupakan mall terluas di Samarinda yang ditandai dengan adanya parkir yang cukup memadai.


Sumber : imageshack.us
Kelebihan : Mall ini memliki tenant yang banyak dan cukup lengkap ada optik, fast food, toko roti, Hypermart, Matahari Dept. Store dan sebagainya, disini juga terdapat Gramedia, dari semua mall, Gramedia hanya ada disini. Parkirnya pun sangat luas.

Kekurangan : Walaupun berdekatan dengan rumah dinas walikota, jalan akses menuju mall ini dan jalan di sekitar mall apabila ada hujan maka akan terendam oleh banjir. Walaupun mallnya sendiri bebas banjir karena tempatnya cukup tinggi.

Mall ketiga, adalah Samarinda Central Plaza yang dibangun di kota Samarinda sekitar tahun 1998. Mal ini terletak di Jl.Pulau Irian.


Sumber :Wikimedia
Kelebihan : Mall ini terdiri dari 5 lantai, banyak tenant yang ada disini, seperti Robinson, Giant, Pizza Hut, Mc D, KFC dan sebagainya. Hanya di mall ini terdapat bioskop/theater 21 dan XXI. Mall ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang selalu ingin menonton film-film terbaru baik dari Indonesia maupun dari luar. Mall ini juga terhubung dengan Hotel Aston sehingga apabila ada tamu yang menginap bisa jalan-jalan ke mall. Parkir kendaraan yang bertingkat-tingkat terletak di dalam mall

Kekurangan : Bisa dikatakan, mall ini cukup representatif, mungkin hanya kurang ruang hijau mengingat mall ini cukup luas di dalam dan di luar tidak terlalu luas.

Mall Keempat, adalah Plaza Mulia, yang dibangun dan dibuka pada pertengahan September 2009. Mall ini berlokasi di Jl.Bhayangkara.
Sumber : Wikimedia
Kelebihan : Lokasinya sangat strategis yakni di Jalan Bhayangkara dan dekat dengan Hotel Mesra International, Stadion Segiri, Balaikota Samarinda, dan kantor instansi Pemprov Kalimantan Timur. Plaza Mulia ini baru dibangun tahun 2007 dan dibuka tahun 2009. Plaza Mulia ini berdiri di lahan seluas 46,649 m² dengan 5 lantai terdiri dari, lower ground, ground, upper ground, lantai 1 dan lantai 2 ditempati dengan penyewa-penyewa besar yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Kentucky Fried Chicken, J.CO Donuts & Coffee, Texas Chicken, A&W Restaurants, Pizza Hut, Solaria, Bakso Lapangan Tembak, BreadTalk, BreadLife, Fun World, Hypermart, Matahari Department Store, dan lain-lain
Berbeda dari mall pada umumnya, Plaza Mulia juga memiliki masjid bernama Syeikh Mahmuddin yang menjadi ikon dari bangunan ini. Masjid tersebut sangat ramai digunakan para pekerja di Plaza Mulia dan dipenuhi masyarakat setempat saat salat Jumat
Plaza Mulia merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Kekurangan : Di mall ini eskalatornya sering rusak/mati sehingga apabila parkir mobil di P5 maka akan naik turun tangga yang sangat banyak. Apalagi sekarang bulan Ramadhan, diharapkan pihak pengelola segera memperbaikinya.

Mall Kelima, adalah Samarinda Square yang dibuka pada 12 Agustus 2010. Mal ini berlokasi di Jl. Muhammad Yamin,Gunung Kelua.


Sumber : Wikimedia
Kelebihan : Mall ini dekat dengan sejumlah kampus/universitas serta gedung-gedung perkantoran, dekat pula dengan stadion Madya Sempaja, sehingga pengunjungnya banyak dari kalangan tersebut. Mall ini juga dekat dengan Mall Lembuswana.

Kekurangan : Pada Mall ini tidak ada Toko Buku yang representatif padahal paling dekat letaknya dengan kampus dan institusi pemerintahan, kemudian tidak ada Bioskop. (Semoga ada pihak pengelola yang membaca postingan ini, sehingga di Mall ini bisa memiliki bioskop sehingga apabila ingin menonton untuk refreshing lebih dekat dengan kawasan tempat tinggal mahasiswa/i).

Mall-mall yang rencananya sedang dibangun adalah Big Mall di kawasan Untung Suropati, Sungai Kunjang, Samarinda. Big Mall sendiri diklaim sebagai terbesar, hingga kemudian ada pengembangan baru dengan bangunan lebih luas lagi. Tak main-main, luas bangunannya (groos floor area) mencapai 200.000 meter persegi. Peritel utamanya adalah Sogo Department Store dan lainnya adalah Matahari Department Store, XXI yang memiliki 7 studio dengan 1 studio premier, Hypermart, Ace Hardware, Kidz Station, Home Solution, dan Electronic Solution. Sementara peritel menengah dan kecil lainnya antara lain Magnum Cafe, The Coffee Bean and Tea Leaf, Payless, Sour Sally, Baskin Robin, Roti O, Nike, Hush Puppies, Everbest, dan Lawton Coffee. Konsep yang diusung pada mall ini adalah sebagai one stop shopping mall.

Selain itu, akan dibangun pula Trans Studio yang letaknya di lokasinya di Jalan  Bhayangkara Samarinda eks Lamin Indah yang merupakan lahan milik Pemprov Kaltim. Sudah diukur dan sebentar lagi ground breaking.

Jadi, mau pilih mana? Semua ada kelebihan dan kekurangannya, at least Semua sama bagusnya :)


**** Wisata Belanja Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar