Sabtu, 28 Juni 2014

Citra Niaga

Tempat wisata yang letaknya tepat di dalam kota Samarinda adalah Citra Niaga yang dibangun pada tanggal 27 Agustus 1987. Citra Niaga pernah menjadi salah satu kebanggaan Kalimantan Timur, khususnya kota samarinda sebagai ibu kota provinsi. 
 
Citra Niaga
Tempat ini juga pernah memperolah Penghargaan Internasional Aga Khan untuk Arsitektur (Aga Khan Award for Architecture, AKAA) pada tahun 1989 silam. Sampai saat ini penghargaan itu dengan gagah terpajang di Citra Niaga.
AGA KHAN Award
Di dalam Citra Niaga ini terdapat banyak penjual barang-barang kerajinan khas Kalimantan Timur mulai dari sarung samarinda, manik-manik, baju samarinda, dompet, tas, anjat,  aneka aksosoris sampai dengan alat khas kalimantan seperti mandau. Barang-barang yang dijual disini tergolong lengkap sehingga cukup mudah menemukan oleh-oleh khas Samarinda ataupun Kalimantan Timur apabila ada wisatawan yang ingin datang berkunjung.

Toko Souvenir di Citra Niaga
Dulu dalam masa kejayaannya masih teringat di benak penulis, setiap malam minggu, tempat ini sangat ramai dikunjungi  karena di tengah Citra Niaga ada panggung hiburan yang biasanya diisi oleh artis-artis Samarinda, bahkan ada artis yang dulunya tampil disini dan kemudian terkenal di Jakarta yaitu Nia Paramitha. 

Saat ini Citra Niaga sudah mulai sepi karena keberadaannya yang harus bersaing dengan mal-mal yang ada di kota Samarinda, namun demikian penulis melihat pemkot sudah mulai mempercantik kawasan ini dengan dibangunnya taman untuk lebih memperasri keadaan.  Bangunan bangunan kayu pun mulai digantikan dengan bangunan non kayu dan non ulin dibuat dengan lebih rapi dan kokoh. Mungkin dapat pula diadakan event-event di Citra Niaga sehingga dapat mengembalikan kejayaan Citra Niaga di masa lampau.

Diharapkan kedepannya Citra Niaga dapat lebih menggeliat menjadi salah satu sektor ekonomi yang dapat menggerakkan UKM-UKM milik masyarakat dengan dukungan Pemkot Samarinda sehingga Citra Niaga bisa tetap eksis keberadaannya di bumi etam.

**** Wisata Samarinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar